Saturday, May 19, 2007

WARGA EMPAT KECAMATAN DI SUKABUMI MENGUNGSI

Mercusuarpost, Sukabumi: Gelombang pasang sejak Jum'at (18/5) pagi menimpa sejumlah pantai di selatan Pulau Jawa. Gelombang pasang setinggi tujuh meter, antara lain, menghantam pesisir pantai selatan Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Ratusan bangunan yang berada di sisi pantai selatan rusak berat.
Kerusakan paling parah terjadi di Desa Patuguran dan Desa Rawa Kalong, Kecamatan Pelabuhan Ratu. Selain menghancurkan ratusan bangunan, air laut juga sempat merendam ratusan rumah setinggi lutut orang dewasa.
Gelombang besar juga membuat warga di empat kecamatan, yakni Pelabuhan Ratu, Cikakak, Simpenan dan Ciracap mengungsi. Mereka mengungsi dengan menempati Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Jum'at siang kemarin tim Satkorlak mulai mengevakuasi warga di empat kecamatan untuk mengungsi.
Gelombang pasang di kawasan wisata Kuta, Bali, membuat panik para wisatawan dan pengelola tempat wisata. Gelombang naik hingga ke jalan raya sepanjang Pantai Kuta. Meski demikian, pengelola wisata masih membuka lokasi wisata untuk umum. Menurut catatan Badan Meteorologi dan Geofisikan, angin ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga tiga hari kedepan.(Mas)

No comments: