Thursday, May 31, 2007

Australia Meminta Maaf ke Sutiyoso

Dubes Australia untuk Indonesia Bill Farmer meminta maaf atas insiden yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. PM John Howard menyatakan, insiden ini harus dijelaskan pemerintah Negara Bagian New South Wales.
Duta Besar Australia untuk Indonesia Bill Farmer meminta maaf atas insiden yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Permintaan maaf itu disampaikan Bill Farmer dalam keterangan pers usai bertemu Bang Yos di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (31/5) pagi Sementara Sutiyoso menerima permintaan maaf Australia. Sebelumnya Bang Yos sempat kesal. Dia merekomendasikan hubungan sister city antara Jakarta dan Negara Bagian New South Wales sejak 1994 ditinjau ulang. Menurut dia, peristiwa yang dialaminya mencerminkan arogansi Australia terhadap Indonesia.
Selain Bang Yos, puluhan pemuda di Ibu Kota marah. Para pemuda yang tergabung dalam organisasi masyarakat ini berunjuk rasa depan Kantor Kedutaan Besar Australia menuntut pemerintah Negara Kanguru segera minta maaf. Demonstrasi berlangsung singkat karena pihak Kedubes Australia tak mau menemui pengunjuk rasa.
Di Sydney, Perdana Menteri John Howard menyatakan, insiden harus dijelaskan pemerintah Negara Bagian New South Wales. Namun dia mendukung penyelidikan kasus balibo yang menewaskan lima wartawan Australia di Timor Leste, 32 tahun silam. "Korban adalah warga Australia dan jaksa berhak menyelidiki,"

No comments: