Thursday, May 31, 2007

Koalisi Yakin Raih 75% Suara

DEKLARASI, Fauzi Bowo dan Prijanto (tengah), kemarin resmi dideklarasikan sebagai pasangan cagub-cawagub pada Pilkada Jakarta. Deklarasi yang dilakukan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, ini dihadiri ratusan warga dan parpol pendukung pasangan tersebut.
JAKARTA PUSAT (Mercusuarpost) – Partai politik (parpol) pendukung pasangan Fauzi Bowo-Prijanto optimistis bakal meraih suara 75% pada pilkada yang akan digelar 8 Agustus mendatang.
Pasalnya, puluhan parpol tersebut mempunyai basis massa yang riil.”Kami yakin pasangan Fauzi Bowo-Prijanto akan meraih 75% suara pada pilkada nanti,” ujar Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Agung Imam Sumanto seusai deklarasi pasangan Fauzi Bowo- Prijanto di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat,kemarin.
Agung mengaku, target perolehan suara tersebut bukan tanpa perhitungan.Pemilu 2004 lalu, misalnya,PDIP mampu meraup suara 14,26% atau 700.000 suara di DKI Jakarta.Artinya, jika perolehan suara tersebut digabung dengan parpol lain,otomatis jumlahnya lebih dari tiga juta suara. ”Hitung-hitungan itulah yang membuat kami optimistis dari 5 juta pemilih, 75% atau 3 juta suara akan kita raup pada pilkada mendatang,”jelasnya.
Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Ferrial Sofyan menyatakan hal yang sama.Terlebih, parpol yang tergabung dalam Koalisi Jakarta tetap solid mendukung kedua pasangan tersebut.”Saya yakin,parpol benar- benar mantap mendukung Fauzi-Prijanto,”tukas dia. Ketua DPW PPP DKI Jakarta Chudlary Syafii Hazami mengaku akan terus meningkatkan koordinasi dengan parpol pendukung lainnya untuk kemenangan Fauzi-Prijanto.
”Fauzi Bowo-Prijanto dengan parpol selalu kompak dan selalu melakukan koordinasi. Karena kalau tidak begitu, saya yakin semuanya akan berantakan,”singkatnya. Rencananya, pasangan tersebut mendaftarkan sebagai peserta pilkada ke KPUD pada 5 atau 6 Juni mendatang.Seusai deklarasi, Fauzi meminta dukungan warga Jakarta untuk memilih dirinya.
Dia pun berharap agar bersama- sama menyukseskan pilkada secara jujur, adil, dan damai. Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, juga berjanji akan meneruskan pembangunan Jakarta dan menjamin keberlangsungan Ibu Kota ini.”Saya menilai,masyarakat Jakarta sudah cerdas untuk memilih siapa pemimpinnya. Apalagi jika mereka mengenal slogan ‘serahkan Jakarta pada ahlinya’,”ujarFoke dihadapanribuan pendukungnya.
Sementara itu,Prijanto yakin memenangkan pilkada langsung yang baru pertama kali digelar ini.Dia berjanji akan terjun langsung ke masyarakat bersama parpol pendukung lainnya untuk menarik simpati.” Prioritas saya adalah masyarakat pinggiran Jakarta. Di sana,saya akan membuat jaringan yang kuat supaya mereka konsistenhanya memilihpasangan FauziBowo-Prijanto,”ungkapnya.
Seperti diketahui, Prijanto didukung parpol pendukung Foke menjadi cawagub dengan alasan untuk menghindari perpecahan. Padahal, sebelumnya, beberapa nama dijagokan sebagai pendamping Foke, seperti Abdul Wahab Mokodongan,Slamet Kirbiantoro, Djasri Marin dan Asril Tanjung.Namun,menjelang pembukaan pendaftaran cagub-cawagub, parpol pendukung Foke justru memutuskan Prijanto sebagai pendamping Foke.

No comments: